Selasa, 12 Maret 2013

Mengetahui Umur Pohon


Cara mengetahui umur pohon

Umumnya jika kita membuat suatu rumah maka akan membutuhkan kayu. Biasanya kita menggunakan kayu jati karena teksturnya yang bagus, kuat, serta tahan lama.
Gb. Lingkaran tahun atau annual ring

Tetapi untuk mendapatkan kayu, misal kayu jati yang memiliki kualitas bagus, tentunya kita harus memilih kayu jati yang sudah tua umurnya. Untuk mengetahui umur kayu jati, kita dapat menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan gejala biologis yang terjadi pada pohon yang berkambium tersebut, yaitu dengan menghitung lingkaran tahun atau annual ringpada batang pohon kayu tersebut. Lingkaran tahun (annual ring) secara mudahnya dapat diartikan sebagai formasi lingkaran yang ada dalam batang suatu pohon yang berkambium. Jika kita menebang suatu batang pohon dengan posisi horisontal, maka kita akan jumpai annual ring dalam batang pohon tersebut. Semakin banyak pola lingkarannya, maka semakin tua pula umur pohon tersebut dan semakin baik untuk dijadikan bahan konstruksi bangunan, mebel, dll.
  Lingkaran tahun (annual ring) terjadi karena aktivitas kambium (pada saat titik tumbuh sekunder) yang terus membelah. Sel-sel dalam kambium tersebut akan membelah secara radial, yaitu pembelahan sel yan terdapat disekitar xilem mengarah kedalam dan sel yang terdapat disekitar floem mengarah keluar. Akibat dari aktivitas tersebut maka akan terbentuk xilem sekunder dan floem sekunder dan pertumbuhan jaringan inilah yang akan membentuk formasi melingkar yang disebut lingkaran tahun atau annual ring. 
Begitulah teman-teman, kita dapat memanfaatkan ilmu pengetahhuan biologi untuk mengetahui keadaan yang belum kita ketahui disekitar kita. Maka marilah kita terus giat belajar untuk mengungkap hal-hal misteri yang belum kita tahu dengan ilmu pengetahuan.
Semangat!!!!!    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar